Penyakit kista tentunya bukan hal yang baru lagi di telinga Anda bukan, apalagi cukup banyak diantara masyarakat yang menderitanya, jenisnya sendiri beragam, mulai dari kista ovarium yang biasanya dialami oleh para wanita, sampai dengan kista-kista yang lainnya. Meskipun pada dasarnya adalah hal yang normal terdapat benjolan dalam bentuk kantung yang didalamnya berisi dengan cairan ataupun gas ini. Namun jika dibiarkan terlalu lama tanpa pengobatan tentunya akan bersifat ganas atau membahayakan kesehatan, apalagi jika letaknya ada di bagian ovarium, tentu mempengaruhi kesuburan wanita.

Hanya saja tidak perlu khawatir karena banyak sekali diantara alternatif pengobatan yang ditawarkan untuk bisa terbebas dari masalah kesehatan yang satu ini. Baik itu melalui jalur medis ataupun dengan mengandalkan pengobatan-pengobatan alternatif, layaknya dengan menggunakan obat-obatan herbal. Anda bisa membeli obat herbal kista di pasaran atau dengan memakai bahan-bahan alami yang memang banyak dianjurkan oleh dokter, seperti diantaranya adalah:

  1. Teh chamomile, jenis teh herbal yang memang sudah sejak lama dikenal kaya akan manfaat. Teh yang satu ini jika dikonsumsi secara teratur nantinya akan melancarkan peredaran darah sehingga membuat datang bulan menjadi lebih lancar, menghilangkan rasa nyeri saat datang bulan dan juga mengatasi masalah kista. Cara pakainya mudah cukup diseduh dengan air panas dan ditambah dengan madu untuk rasa yang lebih manis.
  2. Jahe, tentunya tidak asing lagi dengan jenis rimpang yang satu ini bukan, karena jahe memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan beragam khasiat. Termasuk diantaranya adalah mengatasi kista, ia memiliki sifat yang antiradang dan juga ampuh untuk mengatasi nyeri. Selain itu juga bagus untuk menghangatkan suhu tubuh Anda. Cukup dengan menggunakan sarinya yang ditambah dengan air panas dan juga madu, kemudian konsumsi secara teratur, dianjurkan untuk mengonsumsinya saat sedang datang bulan.
  3. Biji rami, dikenal juga dengan nama flaxseed, biji yang satu ini dikenal dapat menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan juga progeteron yang ada di dalam tubuh. Jadi efektif untuk menurunkan resiko terkena kista dan juga peradangannya. Bahkan biji-bijian yang satu ini juga kaya akan kandungan serat, sehingga bagus digunakan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah, juga mengeluarkan racun dari tubuh.
  4. Kacang almond, salah satu jenis kacang yang memang kaya akan manfaat. Selain kaya akan kandungan serat, maka kacang almond ini sendiri juga kaya akan kandungan magnesium yang dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kista ovarium. Cukup dipanggang kemudian makan sebagai cemilan sehat di rumah, ataupun dengan memijat bagian yang sakit menggunakan minyak dari kacang ini.
  5. Cuka apel, bahan yang satu ini kaya akan senyawa bermanfaat, termasuk diantaranya untuk mengatasi kista ovarium, karena kaya akan kandungan potasium. Mudah dijumpai di pasaran bahkan untuk cara pakainya sendiri juga terbilang sangat praktis, yaitu cukup ditambahkan dengan air dan diminum, konsumsilah setidaknya 1 hingga 2 gelas setiap hari ramuan tersebut untuk dapatkan hasil yang optimal.

Obat herbal kista di atas mudah sekali untuk dijumpai di pasaran, tentunya akan mempercepat penyembuhan masalah kesehatan tersebut bukan. Cobalah terapkan gaya hidup sehat dengan rutin olahraga dan juga menjaga pola makan agar tidak sampai terkena penyakit kista ini.