Ini Dia Cara Mudah Buat Email Melalui HP

  • 2 min read
  • Apr 13, 2020
cara membuat email

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, secara tak sadar hal itu memaksa masyarakat harus memahami apa yang namanya email. Ya, email itu sendiri sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi para pengguna smartphone, yang bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pendaftaran akun media sosial, layanan yang terdapat pada fitur hp, dan masih banyak lagi. Bahkan, tak sedikit juga perusahaan-perusahaan yang mengharuskan para pelamar kerjanya untuk mendaftar melalui email lho.

Istilah email ini merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang merupakan layanan perpesanan online untuk mengirimkan pesan arak jauh yang dikirimkan melalui jaringan internet. Tak hanya mengirimkan teks, email tersebut juga bisa kita gunakan untuk mengirimkan file berupa gambar, surat, dokumen, hingga video dengan durasi panjang. Nah, untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara membuat email di hp. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Email di HP:

– Silahkan buka aplikasi Gmail di layar ponselmu, kemudian klik symbol + untuk menambahkan akun email baru.

– Pilih menu Google yang berupa hurup G.

– Masukkan nama depan dan nama belakang sesuai keinginanmu.

– Isilah informasi dasar yang tersedia, mulai dari tanggal ulang tahun, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

– Silahkan buat username yang nantinya akan berguna sebagai alamat email.

– Setelah itu, buatlah kata sandi yang tidak mudah ditebak, kemudian klik “Next”.

– Masukkan nomor teleponmu untuk meningkatkan keamanan akun email, sehingga kamu bisa menambahkan nomor telepon di kemudian hari melalui menu pengaturan. Scroll hingga ke bagian bawah, lalu klik “Yes, I’m in”.

– Lakukan review terlebih dulu karena username email tidak bisa kamu ubah lagi setelah email sudah jadi. Setelah itu, klik lagi tombol “Next”.

– Berikunya klik “I agree” di halaman privasi dan ketentuan, dimana kamu dapat membacanya terlebih dulu jika tidak keberatan.

– Selesai, perbarui halaman kotak masukmu sampai menemukan email perkenalan dari tim komunitas Google.

Lantas, Bagaimanakah Cara Menghapus Emailnya?

Ketika kamu hendak menonaktifkan email di hp, sebaiknya pikirkan dulu dengan baik. Pasalnya, dengan menghapus email itu dapat melenyapkan semua data, mulai dari email, lampiran, kontak, dan lain sebagainya. Tapi, jika keputusanmu sudah bulat dan ingin menghapus email, berikut dibawah ini ada caranya:

– Silahkan buka aplikasi Gmail di ponselmu, kemudian klik menu yang ada di bagian kiri atas.

– Scroll sampai ke bawah lalu klik menu “Settings”.

– Setelah itu, klik “Manage your Google Account” pada menu Account.

– Pilih “Data & Personalization” kemudian scroll sampai kamu menemukan kolom “Download, delete, or make a plan your data”, lalu pilihlah opsi “Delete a service or your account”.

– Jika sudah demikian, silahkan klik pada tulisan “Delete your account”.

– Masukkan password email-mu untuk terakhir kali, kemudian klik “Next”.

– Untuk kepentingan informasi, sebaiknya kamu baca kembali informasi yang diberikan sebelum kamu menjalankan proses selanjutnya. Setelah selesai dibaca, beri tanda centang pada dua persetujuan di bawah halaman, kemudian klik “Delete Account”. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Demikianlah ulasan singkat seputar cara membuat dan cara menghapus email di HP, yang mungkin saja bisa kamu coba.