Definisi, Fungsi dan Cara Kerja Mobile Banking

  • 3 min read
  • Jun 21, 2021
Definisi, Fungsi dan Cara Kerja Mobile Banking

Mobile banking merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh pihak bank untuk mempermudah transaksi masyarakat melalui smartphone. Layanan ini memiliki banyak keunggulan dengan cara kerja yang terbilang simple, bahkan bagi orang awam sekalipun mudah menggunakan m-banking.

Kemudahan utama yang sangat terlihat adalah cara daftar mobile banking yang sangat mudah. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal seputar m-banking, mulai dari definisi, fungsi hingga cara kerjanya.

Definisi Mobile Banking

Secara lengkap, mobile banking menjadi salah satu layanan yang bisa membantu anda melakukan banyak transaksi perbankan. Fitur-fitur yang tersedia pada layanan m-banking tentu saja bisa dinikmati semua orang yang memiliki aplikasinya di smartphone. Jika dibandingkan dengan SMS banking, fitur pada m-banking tentu saja lebih kompleks.

Banyak transaksi pembayaran yang bisa dilakukan oleh layanan online banking ini. Karena biasanya bank juga sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan merchant, untuk memudahkan banyak transaksi pembayaran.

Fungsi Mobile Banking

Jika ditanya apa saja fungsi dari mobile banking, tentu saja ada banyak sekali fungsi yang memudahkan masyarakat untuk transaksi online. Berikut ini beberapa fungsinya yang paling umum.

  • Lebih mudah dalam pengecekan saldo hingga mutasi transaksi uang.
  • Melakukan transfer, baik antar bank yang sama maupun bank lain, tentu saja transaksi ini lebih mudah dilakukan.
  • Untuk semua transaksi yang dilakukan memberikan biaya yang lebih rendah jika dibanding internet banking ataupun transaksi lewat ATM.
  • Membantu memberikan laporan yang lebih singkat seputar aktivitas keuangan nasabah yang memiliki fitur M-banking.
  • Ada banyak layanan pembayaran yang tersedia pada aplikasi M-banking. Mulai dari layanan pembayaran seperti listrik, elektronik, pengisian pulsa, pembelian Paket Internet, TV kabel, top up saldo beberapa merchant dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Mobile Banking

Setelah mengetahui definisi lengkap dari m-banking, anda tentu penasaran dengan bagaimana cara kerja penggunaan mobile banking. Bisa dibilang rata-rata m-banking untuk semua bank yang ada memiliki cara kerja yang hampir sama. Pertama, untuk mendapatkan layanan perbankan online ini anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Beberapa bank mewajibkan nasabahnya untuk mendaftar langsung ke kantor cabang terdekat atau lewat mesin ATM. Namun ada juga yang menyediakan layanan pendaftaran secara online. Setelah itu tentu anda harus mengunduh aplikasi m-banking. Kemudian terdapat pula user ID dan password yang harus anda masukan.

Nanti akan muncul permintaan kode OTP ketika akan melakukan transaksi perbankan. Lakukan saja semua perintah yang diminta, agar layanan perbankan mobile yang Anda coba bisa terproses dengan mudah.

Kemudahan Transaksi Dengan PermataMobile X

Salah satu bank yang tentu saja juga ikut memberikan fasilitas mobile banking adalah PermataBank dengan PermataMobile X. Layanan online bank ini sudah ada sejak tahun 2018 dan telah memberikan banyak kemudahan kepada para nasabah, diantaranya:

  1. Sangat Praktis

Tentu saja sangat praktis melakukan banyak transaksi dan cek semua akun yang Anda miliki hanya dalam satu layar.

  1. Cek Mutasi Sangat Mudah

Mutasi bisa di cek secara realtime untuk semua jenis akun hingga 12 bulan, akurat dan pastinya akan memudahkan Anda melihat kondisi saldo Anda di bank.

  1. Ratusan Fitur

Untuk menu yang dihadirkan oleh layanan M-banking satu ini terdiri dari 200 fitur. Ini sangat menghemat waktu para nasabah yang ingin melakukan transaksi. Berikut beberapa fitur wajib dari PermataMobile X yang perlu Anda ketahui.

  • Tabungan giro, mutasi mudah dilakukan dalam transaksi pada akun giro, tabungan online, deposito, kartu kredit, Reksa Dana, obligasi, KTA dan KPR.
  • Investasi, praktis dalam melakukan investasi baik dalam penjualan pembelian hingga switching transaksi khususnya untuk Reksa Dana online.
  • Kartu Kredit, penambahan kartu kredit dengan hanya menggunakan aplikasi mobile online di smartphone.
  • Pinjaman, pengajuan pinjaman lewat SimplePay dan juga dana tunai Cash on Call langsung lewat aplikasi.
  • Fingerprint, kemudahan dalam melakukan login hanya lewat sidik jari.
  • QR Pay, pembayaran online, cepat dan mudah dengan menggunakan barcode lewat dompet digital.
  • PermataStore, untuk pembelian produk perbankan online. Jadi tidak perlu lagi mengunjungi kantor cabang bank terdekat.
  • Face ID, selain menggunakan fitur sidik jari login juga bisa memakai teknologi pengenalan wajah.
  • Transfer, kemudahan dalam melakukan transfer antar bank. Anda bisa melakukan transfer  hitungan detik saja, tentu waktu yang sangat singkat. Transfer ini juga semakin mudah karena bisa dengan hanya menggunakan nomor handphone.
  • Digital Token, tidak perlu menggunakan SMS OTP yang merepotkan karena harus pindah aplikasi. Belum lagi keterlambatan dalam pengiriman SMS OTP yang sangat mengganggu. Anda bisa memanfaatkan digital token yang lebih praktis.

Demikian pengenalan seputar mobile banking yang tentu saja memiliki banyak manfaat untuk para nasabah bank. Masyarakat di zaman sekarang tentu sangat menikmati fitur digital bank yang diberikan lewat layanan m banking. Untuk pilihan layanan m-banking paling mudah, simpel dengan banyaknya fitur transaksi, anda bisa memilih PermataMobile X dari PermataBank.