Cara Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Web Anda

  • 2 min read
  • Jan 27, 2021
Cara Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Web Anda

Domain adalah alamat untuk website yang akan Anda buat nantinya. Nama domain sebenarnya bebas, sesuai dengan selera Anda. Namun, jika website yang Anda buat digunakan untuk kepentingan komersil atau publik tentu tidak bisa sembarangan memilihnya. Berikut cara memilih nama domain yang tepat untuk web Anda.

Gunakan Nama yang Mudah Diingat

Pada dasarnya, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan nama domain serta panjang pendeknya domain. Namun, sebaiknya Anda menghindari penggunaan nama domain yang panjang dan lebih dari 3 kata.

Nama domain yang pendek cenderung lebih mudah diingat oleh pegguna internet, sehingga memudahkan pengguna dalam mengunjungi website Anda. Nama domain yang pendek juga nenberikan keuntungan lain, yaitu irit tempat untuk diletakkan di profil atau kartu nama.

Nama Harus Mudah di Ketik

Cara memilih nama domain yang kedua adalah, pastikan nama domain yang Anda gunakan mudah untuk diketik. Jangan sampai menggunakan nama yang ejaannya susah atau menggunakan tanda baca. Ejaan yang susah akan membuat pengguna kebingungan dalam menulisnya.

Misalanya penggunaan huruf ‘tj’ untuk ‘c’, tidak semua orang tahu bahwa ejaan yang digunakan seperti itu. Begitu pun dengan tanda baca, belum tentu pengguna mengingat bahwa domain Anda harus menggunakan tanda baca seperti ‘-‘ misalnya.

Gunakan Nama yang Relevan

Nama yang relevan sangat penting untuk domain Anda. Hal ini dikarenakan nama yang sudah Anda beli tidak akan bisa diganti lagi. Hal ini tentu saja berkaitan dengan fungsi website Anda kedepannya.

Misalkan domain website Anda adalah mycar.com, kemudian isinya membahas mengenai harga buah di pasar, tentu tidak akan cocok. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan baik nama yang akan Anda pilih.

Gunakan Nama Brand

Cara memilih nama domain yang selanjutnya adalah menggunakan nama brand. Terutama jika website Anda berkaitan dengan hal-hal yang komersil. Nama brand akan membuat website Anda lebih mudah diingat, karena masih berkaitan dengan produk.

Penggunaan nama brand, selain relevan dan mudah diingat, juga sangat praktis. Tidak hanya itu, cara ini akan membuat brand Anda lebih terkenal dan tidak bisa digunakan oleh orang lain.

Dengan mengetahui bagaimana cara memilih domain yang tepat, pemilik usaha online akan mendapatkan banyak keuntungan. Brand domain yang tepat akan memberikan nilai lebih terhadap usaha anda.