Cara Cerdas Gadai BPKB Mobil Jakarta Agar Tidak Menyesal

  • 2 min read
  • Nov 27, 2020
Cara Cerdas Gadai BPKB Mobil Jakarta Agar Tidak Menyesal

Produk pinjaman berbasis KTA atau kredit tanpa agunan memang tampak menggiurkan. Karena Anda berkesempatan untuk mendapatkan sejumlah uang pinjaman meskipun tidak menyertakan adanya barang agunan. Namun ternyata untuk bisa mendapatkan pinjaman semacam ini nyatanya juga bukan hal yang mudah. Mengingat dari segi syarat atau kriteria lain yang diberikan ternyata jauh lebih sulit. Ditambah lagi produk kredit semacam ini terkadang memberikan bunga dalam jumlah yang terlalu besar, sehingga begitu membebani pengembalian hutangnya.

Beberapa orang kemudian mencari alternatif pinjaman lain, diantaranya adalah gadai BPKB mobil Jakarta. Bagi Anda yang memiliki kendaraan seperti diantaranya adalah mobil, nyatanya dengan surat kepemilikan kendaraan atau BPKB ini saja sudah cukup digunakan untuk mendapatkan pinjaman uang. Bahkan jumlahnya besar jika seandainya kondisi kendaraan masih bagus dan termasuk dalam merk-merk mobil murah. Produk pinjaman semacam ini tak kalah diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa namanya mengambil pinjaman uang terkadang juga ada plus minusnya, ini adalah hal yang wajar. Untuk itulah agar Anda tidak sampai menyesal dalam mengajukan gadai kendaraan ini, maka berikut ini diantaranya kiat cerdas yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Kenali dulu berapa kebutuhan keuangan Anda, hal pertama yang tentunya dapat dilakukan adalah dengan selektif dalam mengoreksi berapakah kira-kira jumlah uang dan dibutuhkan berdasarkan tujuan meminjam. Pada dasarnya memang lebih dianjurkan bagi masyarakat untuk mengambil pinjaman dengan tujuan yang sifatnya produktif. Seperti diantaranya dipakai untuk modal bisnis, sehingga nantinya ada arus perputaran kas secara jelas. Memungkinkan Anda juga lebih mudah dalam menentukan jumlahnya, tidak berlebihan.
  2. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku, pada dasarnya setiap lembaga keuangan memiliki syarat dan juga ketentuan berbeda-beda terkait dengan produk keuangan yang mereka tawarkan. Anda harus membaca secara keseluruhan apa saja syarat dan ketentuan tersebut. termasuk mengenai biaya-biaya yang dibebankan kepada debitur.
  3. Banding-bandingkan, setelah membaca syarat dan juga ketentuan, langkah selanjutnya adalah dengan membanding-bandingkan produk tersebut dengan produk dari lembaga keuangan yang lainnya. Itulah mengapa Anda tidak boleh hanya fokus pada satu bank atau lembaga keuangan saja. Melainkan ada baiknya untuk melakukan survey kemudian banding-bandingkan manakah sekiranya yang lebih menguntungkan bagi Anda.
  4. Pilih tenor yang tepat, pemilihan tenor atau jangka waktu dalam pengembalian pinjaman ini nyatanya tidak kalah penting, karena berhubungan dengan besaran cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulannya. Semakin panjang tenor maka akan semakin kecil cicilan yang dibayarkan. Hal ini menyesuaikan dengan kemampuan keuangan atau gaji Anda, sehingga rasio kredit tetap terjaga dalam posisi yang sehat atau aman.
  5. Memilih lembaga gadai yang terpercaya, belakangan ini cukup marak keberadaan dari gadai ilegal yang sangat meresahkan, tentunya Anda sendiri juga tak asing dengan hal ini. Dimana mereka kerap kali merugikan debiturnya. Memilih lembaga yang terpercaya sangatlah penting mulai dari pertimbangan reputasinya, apakah sudah terdaftar OJK ataukah belum sampai dengan biaya-biaya yang ditawarkan.

Itulah langkah cerdas yang bisa Anda terapkan di dalam melakukan gadai BPKB mobil Jakarta, pada dasarnya bukan hanya kendaraan roda empat satu mobil saja yang dapat digadaikan, melainkan juga barang berharga lain seperti sertifikat rumah, tanah bahkan tak jarang yang menerima gadai peralatan elektronik. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda.