Begini Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

  • 2 min read
  • Jun 05, 2021
Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Instagram saat ini adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia. Pertama kali diterbitkan pada Oktober 2010, aplikasi ini sekarang memiliki sekitar satu miliar pengguna. Dengan jumlah yang luar biasa seperti itu, tidak heran Instagram telah menjadi alat pemasaran yang penting bagi perusahaan – yang dilihat banyak orang sebagai batu loncatan menuju karier baru.

Berkali-kali, kita melihat dan mendengar cerita tentang “influencer” yang mendapatkan penghasilan mereka murni melalui posting yang disponsori. Tapi apa sebenarnya yang harus dilakukan seseorang untuk meningkatkan pendapatannya dengan bantuan Instagram? Dan bagaimana cara menghasilkan uang dari instagram sehingga bisa menjadi sumber penghasilan Anda?

Instagram sebagai Saluran Periklanan

Cara menghasilkan uang dari instagram yang kedua adalah dengan menawarkan berbagai pilihan untuk menghasilkan uang melalui iklan. Pertama adalah pilihan untuk terlibat dalam apa yang disebut pemasaran afiliasi. Dengan metode ini, Anda mempromosikan produk perusahaan dengan mentautkannya ke dalam sebuah pos. Jika pengguna mengklik tautan atau, dalam skenario terbaik, jika mereka melakukan pembelian, Anda mengumpulkan komisi.

Baik Anda seorang blogger mode yang membantu pengguna menemukan sepasang sepatu bot baru yang bagus atau Anda seorang pelancong yang merekomendasikan hotel favorit Anda kepada pengikut Anda – dengan pemasaran afiliasi, tidak ada batasan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara menulis faktur profesional kepada mitra Anda, klik di sini.

Kemungkinan lain untuk mendapatkan uang datang dalam bentuk penempatan produk. Dalam hal ini, Anda tidak memperoleh penghasilan per klik atau per produk yang terjual; sebaliknya, Anda dibayar oleh perusahaan hanya untuk menunjukkan atau memajang produk mereka. Tentu saja, penempatan produk paling masuk akal ketika produk yang Anda pemasaran benar-benar sesuai dengan profil Anda dan juga ketika Anda tahu pasti bahwa posting Anda yang menampilkan produk akan dianggap oleh pengguna sebagai kredibel dan asli.

Jual Produk Anda Sendiri

Anda bisa menggunakan Instagram untuk memasarkan dan menjual produk yang sudah Anda tawarkan di tempat lain. Opsi ini ditujukan untuk perusahaan yang memiliki gudang atau fasilitas serupa tempat mereka menyimpan barang yang sudah mereka jual di situs lain atau yang biasa disebut dropshipper.

Pada tahun 2018, Instagram menyiapkan fungsi yang dengannya Anda dapat menjual produk secara langsung melalui pos dan cerita Anda. Namun, fungsi ini hanya dapat digunakan oleh individu yang membuat dan menggunakan profil bisnis, yang berarti bahwa barang Anda juga harus mematuhi perjanjian dealer dan pedoman bisnis Facebook.

Agar dapat menjual sesuatu menggunakan fungsi yang dirancang secara eksplisit untuk tujuan itu, yang harus Anda lakukan adalah mengunggah gambar Anda ke dalam postingan atau cerita. Di sana Anda dapat memasarkan produk dan mempublikasikannya dengan sedikit usaha. Postingan yang telah ditandai dengan produk kemudian akan muncul di feed pengguna dengan simbol tas belanja di sudut.

Hasilkan Uang lewat Unggahan Foto dan Cindera Mata

Instagram sangat cocok untuk fotografer yang ingin berbagi karya kepada dunia. Tentu saja, Anda tidak akan menjadi orang pertama yang mengemukakan ide tersebut, itulah sebabnya pasar menjadi sangat kompetitif. Namun, jika Anda memiliki cukup kesabaran dan kemampuan untuk menarik perhatian pengguna, sangat mungkin untuk mendapatkan uang tambahan melalui penjualan foto. Hal yang penting adalah memastikan foto Anda berkualitas tinggi. Semakin baik gambar Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk meyakinkan pengguna untuk membelinya. Selain gambar yang ada pada akun instagram, Anda juga bisa mencetak foto usaha instagram Anda menjadi sampul ponsel, bantal, kartu ucapan, dan banyak produk fisik lainnya.