7 Cara Memasak Ayam Bakar agar Daging Empuk dan Matang Sempurna, Porsi Makan Pun Bertambah

  • Bataviase
  • Dec 15, 2023
Cara Memasak Ayam Bakar

Ayam Bakar menjadi menu andalan saat kumpul keluarga dan kerabat. Biasanya ada tambahan bumbu-bumbu agar rasanya tidak monoton. Salah satu kendala saat membakar ayam adalah kurang matang sempurna dan terlampau gosong.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sebelum membakar ayam. Hal ini mempengaruhi kematangan ayam. Sebagai informasi, berikut adalah cara memasak ayam bakar agar daging empuk dan matang sempurna.

  • Pilih Ayam yang Segar

Ayam negeri atau ayam kampung bisa dibuat ayam bakar. Namun masing-masing jenis ayam memiliki teknik pengolahan yang berbeda.

Jika menggunakan ayam kampung, pilihlah yang muda supaya ayam bakar cepat matang. Apalagi jika membakar ayam tanpa diungkep terlebih dulu.

Sementara, jika memakai ayam negeri, gunakanlah yang muda tapi tidak terlalu gemuk. Alternatif mudahnya, belilah satu ekor ayam dengan berat sekitar 600-700 gram. Ayam dengan berat tersebut sangat ideal untuk diolah menjadi ayam bakar.

  • Gunakan Bagian Ayam yang Tepat

Cara agar ayam bakar memiliki daging yang empuk selanjutnya adalah menggunakan bagian ayam yang tepat, terutama yang memiliki banyak daging.

Untuk membuat ayam bakar, gunakan bagian dada yang masih menempel dengan sayap, paha atas, ataupun paha bawah.

Ketiga bagian ayam tersebut memiliki daging yang padat dan empuk, sehingga tidak keras saat dibakar.

  • Tumbuk Daging Ayam

Ketebalan pada daging ayam berbeda-beda, jika daging ayam langusung dibakar di atas arang biasanya tingkat kematangannya tidak merata.

Untuk itu, tumbuk dahulu daging ayamnya sebelum di beri bumbu dan di bakar. Hal tersebut akan membuat api mengenai ayam secara menyeluruh dan masuk ke bagian dalam daging, sehingga akan menghasilkan daging yang empuk.

  • Marinasi Ayam dengan Bumbu Selama 30 Menit

Marinasi merupakan kunci utama jika ingin mendapatkan ayam bakar yang empuk, juicy, dan bumbunya menyerap. Cobalah untuk marinasi ayam minimal banget 30 menit, semakin lama marinasi, semakin juicy dan terasa bumbu ayam bakar tersebut.

Bisa juga menggunakan bumbu marinasi biasa untuk membuat ayam bakar, seperti bawang putih, garam, lada, kecap, hingga madu.

Pastikan untuk menyimpan ayam di dalam kulkas selama proses marinasi berlangsung agar bumbu dapat terserap sempurna.

  • Olesi Alat Panggang dengan Minyak

Ada berbagai alat bakar yang bisa digunakan seperti arang, oven, atau teflon untuk membuat ayam bakar.

Setelah alat membakar ayam tersebut sudah panas, pastikan untuk mengolesnya dengan minyak agar ayam tidak menempel.

  • Gunakan Api yang Sedang

Banyak orang yang salah paham dan berpikir bahwa ayam bakar harus dibakar dengan api yang besar agar cepat matang.

Penggunaan api yang terlalu besar dalam mengolah ayam bakar hanya akan membuat ayam cepat gosong dan alot. Gunakanlah api sedang agar ayam dapat matang secara merata, empuk, dan tidak gosong.

  • Berikan Saus saat Daging Akan Matang

Jika ingin menambahkan saus seperti barbeque, jangan memberinya terlalu dini. Saus yang dibuat dari gula akan gosong di atas api terbuka dan bisa berubah menjadi arang hitam jika terlalu dekat dengan api.

Sebagai gantinya, oleskan saus saat sebagian besar daging sudah matang. Saus BBQ paling baik digunakan sebagai alat pengoles tepat sebelum disajikan sehingga bisa mendapatkan semua rasa pada ayam bakar.

Related Post :