5+ Contoh Ceramah Lucu Agama Islam

  • 4 min read
  • Dec 28, 2020
Contoh Ceramah Lucu

Salah satu media dakwah yang sering digunakan pada acara keagamaan dalam agama Islam adalah ceramah. Media dakwah yang satu ini masih eksis juga sangat mudah diterima oleh masyarakat sekitar, sebab penyampaiannya yang berstruktur dan jelas.

Contoh Ceramah Lucu

Ceramah biasanya menyiarkan atau menerangkan petunjuk-petunjuk yang berkaitan dengan agama. Ceramah tak selalu dibawakan dengan intonasi yang serius dan tegas, ada kalanya pendakwah menyisipkan humor dalam pembahasannya, untuk mencairkan suasana.

Walaupun kerap menyelipkan humor dari apa yang dibahas, tapi tetap tidak menghilangkan esensi dari tujuan ceramah itu sendiri. Metode ceramah seperti ini dapat membuat para audiens atau jamaah terhibur dan tak bosan saat mendengarkan.

Disadur dari situs Pendidikanpedia, ini dia kumpulan contoh ceramah lucu agama Islam.

Contoh Ceramah Lucu I

Saat itu hari minggu pagi di sebuah perumahan yang luas dibuat terheran-heran sebab ada seseorang mengumandangkan adzan di masjid tepat jam 10 pagi. Sontak penduduk yang berada di sekitar masjid heran bin bingung.

“Mengapa adzan di jam segini?”

“Orang aneh mana lagi ini ya Allah, jam segini adzan berkumandang”

“Aliran baru apa lagi ini!?”

Penduduk bertanya-tanya.

Sontak orang-orang berbondong-bondong datang ke masjid. Apalagi hari ini libur, orang-orang sedang di rumah.

Ibu-ibu yang sedang memasak, bapak-bapak yang sedang baca koran menghabiskan waktu dengan duduk-duduk semua aktivitas mereka dihentikan untuk datang ke masjid tatkala mendengar adzan tersebut.

Sesaat setelah kumandang berakhir, penduduk semua langsung bertanya pada muadzin bagai artis yang sedang naik daun.

“Pak, kok aneh banget, adzan jam 10 pagi. Bapak punya aliran beda lagi?”

Jawaban dari sang muadzin sontak membuat mereka terkejut:

“Saya tanya siapa yang aneh, saya mengumandangkan adzan subuh kalian tak ada satupun yang datang. Hari ini saya adzan jam 10 pagi, kalian semua datang berbondong-bondong. Mulai besok, kalau saya adzan subuh pada datang ya..”

Contoh Ceramah Lucu II

Tiga penyakit yang sering dialami bangsa kita ialah, ‘kutil – kurang teliti’, ‘kudis – kurang disiplin’, ‘kurap – kurang rapih’. Tiga penyakit tersebut hanya berasal dari satu sumber ‘kuman – kurang iman’. (KH.Zainudin.MZ)

Contoh Ceramah Lucu III

Ini dunia, ambil seperlunya, ambil dan nikmati apa yang boleh dinikmati dan jauhi apa yang tak boleh dinikmati. Kalau bisa jangan sampai gagal di dunia yang fana ini dan juga jangan sampai merusak akhirat sedikitpun.

Saya manusia, keinginan ingin kaya pasti ada tapi kalau saya korupsi akhirat saya bagaimana? Iya sih saya ingin tapi kalau kerjanya mengukur ukuran tanah untuk ditanam patok lalu akhirat saya bagaimana?

Tujuan hidup muslim itu jelas juga terarah, setiap langkah yang diambil insyaAllah selalu mantap. (KH.Zainudin.MZ)

Contoh Ceramah Lucu IV

Normalnya manusia hidup di atas bumi lebih kurangnya 70 tahun. Dan kehidupan yang bisa sampai ribuan tahun hingga hari kiamat itu hanya di dalam bumi (alam kubur).

Jika kita bisa mempercantik rumah kita yang dapat dihuni hingga puluhan tahun, kenapa tidak untuk mempercantik rumah yang akan kita tinggali nanti hingga ribuan tahun dengan amal shaleh?

Maka dari itu marilah perbanyak amal ibadah yang di ridhoi oleh Allah SWT, seperti solat, untuk mencerahkan alam kubur, membaca Al-Quran dan berzikir untuk menemanimu di alam kubur sebab tempat itu benar-benar sepi.

Contoh Ceramah Lucu V

Tentang mengaji, yang di mana dilakukan 12 kali dalam setahun. Tapi kok bisa-bisanya absen. Mari kita hitung, dipotong anak sakit satu dua kali, mudik lebaran dua kali, nggak mengerti satu kali, keperluan mendesak dua kali. Jadi, menurut kalian berapa kali yang efektif?

Jadi, bukan kita yang mencari waktu luang tapi buatlah waktu luang itu sendiri untuk mengaji baca juga arti dari setiap kata indah yang ada di dalam Al-Quran, niscaya kamu akan menemukan pertanyaan dari setiap jawabanmu yang bahkan tak akan bisa dipikir secara logika manusia.

Contoh Ceramah Lucu VI

Amalan saat kita ibadah di masjid itu banyak. Jadi, jangan batasi saat kalian sedang ada di masjid. Ada yang mengatakan beramal itu saat kita sholat, dzikir, membaca Al-Quran dan bahkan hanya duduk saja pun dapat pahala katanya.

Ingat, bekerja dimulai dari matahari sudah terbit hingga menjelang terbenamnya lagi, sekitar jam 8 pagi sampai jam 4 sore, belum lagi jika dapat lemburan itu pun merupakan amal ibadah. Sebab, mencari rezeki untuk keluarga merupakan jalan jihad yang di mana terdapat pahala di dalamnya

Semua itu merupakan amalan yang mulia di hadapan Allah SWT. Jadi, semua orang beranggapan bekerja merupakan amal ibadah, tak akan ada pegawai yang telat, tak ada karyawan yang curang dalam laporan yang dikerjakannya, dan tak akan ada pedagang yang sengaja memainkan timbangannya  untuk keuntungan. (Ustaz Abdul Somad).

Contoh Ceramah Lucu VII

Kenapa sih umat muslim harus selalu membaca doa sebelum mengerjakan atau melaksanakan apapun?, seperti doa keselamatan saat ingin berpergian. Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barang siapa membaca doa (tersebut) maka ia ditetapkan dengan ucapan “kamu sudah ditunjuki, dan dicukupi kebutuhan dunia dan akhiratmu, dijaga serta di hindarkan dari gangguan setan” (HR Abu Daun, Nasai, dan Turmudzi)

Lalu sesampainya di tempat kerja kalian bisa membaca doa selamat berikut:

Audzu bikalimatillaahi tammati min syarii ma khalaq

Yang Artinya:

“Hamba berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari berbagai kejahatan makhluk yang diciptakannya”

Doa keselamatan seperti ini bisa kalian panjatkan supaya dapat perlindungan dan diberi keselamatan dari segala mara bahaya yang tak pernah kita ketahui dari mana datangnya, bisa saja gangguan jin, makhluk tak kasat mata dan termasuk juga binatang berbisa.

Siapa saja yang hendak menempati suatu tempat lalu membaca A’udzu bikalimatillahittammati min syarri ma khalaq” maka tak akan ada siapapun yang akan membahayakannya hingga ia meninggal kan tempat itu (HR Muslim).

Safety first. Kata yang familiar di telinga kita semua. Jika ada di antara kalian akan berpergian ke suatu tempat dan menggunakan kendaraan sepeda motor, maka tak ada salahnya menggunakan helm, sepatu dan perangkat safety lainnya untuk melindungi dari benturan.

Percuma dong jika berdoa namun tak ada ikhtiar untuk melindungi diri sendiri. Semua alat safety atau alat pelindung diri (APD) yang kalian tahu itu tak bisa melindungi diri dari sengatan kala jengking, nyamuk malaria, gigitan ular, dan lintah

Ya jelas tentu saja juga tak akan bisa melindungi diri dari gangguan-gangguan serius dari makhluk halus seperti setan, jin, wewegombel dll. Maka dari itu, membaca doa keselamatan sangat dianjurkan untuk melindungi diri kita, dengan hal tersebut maka lengkaplah sudah perangkat safety kita.

Oleh karena itu, untuk para petugas K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) atau petugas safety, saat kamu melakukan pengarahan keselamatan kerja ingatkan pada rekan-rakan mu agar membaca Doa Keselamatan Diri atau bisa disingkat ‘DKD’ seperti di atas dan juga ingatkan dia agar memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti sarung tangan, helm dan masker.

Nah itulah beberapa contoh dakwah atau ceramah lucu agama Islam. Semoga setelah membaca beberapa contoh pidato di atas, kamu jadi semakin paham.