Tips Menjadi Penulis yang Handal dalam Semua Kategori

  • 2 min read
  • Jul 23, 2021
Tips Menjadi Penulis

Dengan menulis maka kamu akan dikenal oleh dunia karena karyanya. Hal ini terlihat dari beberapa para ulama yang pernah menulis kitab tertentu. Mereka sudah wafat tetapi karya-karyanya masih bisa dinikmati oleh banyak orang hingga sekarang. Sehingga, dengan menulis ini secara tidak sengaja akan membuat pahala jariyah selama tulisan itu bermanfaat bagi orang banyak.

Namun, untuk menjadi penulis ini memang tidaklah mudah dan perlu proses yang panjang. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan dilakukan dengan tekun dan sabar. Dengan bersabar melakukan tahapan ini bukan tidak mungkin kamu akan menjadi penulis yang handal dalam semua tema atau topik tertentu

Membaca sesuatu terkadang memang mudah dilakukan oleh sebagian orang. Tetapi, untuk menulis apa yang pernah di bacanya mungkin tidak banyak dilakukan. Hanya orang-orang dengan niat tertentu yang bisa melakukan ini. Hanya mereka bercita-cita tinggi menjadi penulis yang bisa melakukan tugas ini

Menulis hasil bacaan bukan sekedar menulis tetapi ada tips tertentu yang harus kamu lakukan. Ketika kamu sudah membaca sebuah buku yang misalnya saja di baca dalam kurun waktu 30 menit. Setelah buku ini di baca lalu kamu tulis semua yang ada di dalam pikiran kamu.

Tahapan menulis sesuai dipikiran ini yang menjadi hal yang harus dipikirkan. Menulis dalam pikiran tersebut bukan berarti kamu diam sejenak mengingat apa yang dibaca. Tetapi ditahapan ini kamu harus menulis mengalir begitu saja tanpa memikirkan dan diam sejenak. Jadi kamu tulis saja apa yang ada dipikiran tanpa berhenti sedikitpun

Cara seperti ini dilakukan untuk memancing pikiran untuk bekerja secara maksimal tanpa adanya tekanan. Jika kamu hanya diam sejenak maka otak masih akan terus memompa untuk berpikir dan menekan. Sehingga, dengan cara menulis mengalir seperti ini sedikit demi sedikit pikiran akan terlatih dalam mengingat sesuatu.

Budayakan Membaca Banyak Hal

Jika tahapan di atas sudah kamu lakukan maka di tahap selanjutnya adalah selalu membaca dan membaca. Sebab, seorang penulis handal dalam kegiatan sehari-hari tidak pernah dia berhenti untuk membaca. Sebab, dengan membaca akan banyak tambahan kosakata yang belum pernah dia ketahui sebelumnya.

Hal-hal yang demikian ini memang perlu latihan dan kesabaran tinggi. Sebab, jika orang hanya suka membaca tentang ekonomi maka bukan tidak mungkin membaca topik lain selain ekonomi akan enggan. Jika hal ini kamu turuti untuk menjadi penulis handal hanyalah sebatas mimpi belaka.

Jadi kamu harus membudayakan membaca sesuatu meskipun itu bukan bidangnya. Hal seperti ini memang butuh paksaan dan kesabaran di tahap awalnya. Tetapi jika sudah dilatih dan dilatih semua akan mengalir begitu saja dan mudah untuk dilakukan.

Jika di awal kamu suka membaca topik lain dari buku maka bisa dimulai dengan membaca informasi dari internet. Hal seperti ini hanyalah tahap awal agar terbiasa dan mudah untuk dilakukan. Sebab, segala sesuatu yang datang dari internet bisa di baca tanpa harus membawa buku. Selama handphonenya terkoneksi internet maka membaca dari internet akan sangat mudah

Itulah sedikit informasi terkait bagaimana kamu menjadi penulis handal untuk menerbitkan buku adan menjadi penulis artikel. Hal-hal seperti di atas sangat penting untuk kamu yang mau menulis artikel dan juga ingin menerbitkan buku. Jika kamu ingin mendapatkan tambahan ilmu terkait tips-tips lain bisa kunjungi saja Mustakim.org.