Review Windows 10 Terbaru: Kelebihan dan Kekurangannya

  • 2 min read
  • Jan 25, 2021
Windows 10 Terbaru

Ketika kita menggunakan personal computer atau laptop tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya windows. Apa itu windows? Jika kita ketahui sebenarnya Windows merupakan suatu sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft. Windows ini banyak digunakan oleh dunia perkantoran karena sangat membantu proses penyelesaian pekerjaanya. Windows pertama kali dikenalkan di indonesia pada 10 November 1983 yang berupa versi Graphic Environtment 1.0. meskipun sudah dirilis pada 1983 Windows ini baru tersebar dipasaran pada bulan November 1985. Seiring berjalanya waktu windows semakian berkembang dan menghasilkan versi baru untuk menyesuaikan keadaan dan kebutuhan. Terdapat windows jenis Windows, dari mulai yang lama sampai yang terbaru, diurutan pertama ada Windows XP (2001), Windows Vista (2007), Windows 7 (2009), Windows 8 (2012), dan Windows 10 (2015)

Windows 10 merupakan versi yang paling baru pada operasi windows PC. Pada awal rilisnya Windows ini memberikan kesempatan upgrade gratis bagi pengguna windows versi sebelumnya sampai batas waktu 26 juli 2016. Meskipun Windows 10 banyak menawarkan banyak kelebihan dari versi sebelumnya, namun kenyataanya masih banyak pengguna yang meragukan windows 10.  Hal ini terhitung wajar karena setiap produk yang dirilis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan windows 10:

Kelebihan windows 10

  1. Keamanan lebih terjamin

Windows 10 dibekali dengan fitur security modern yang memungkinakan keamanan penggunanya terjaga. Salah satu contoh fitur security yang ada pada windows 10 adalah Windows hello. Dengan fitur ini penggna windows bisa melakukan un lock dengan retina scaner atau fingerprint.

Untuk mengatasi virus dan maleware windows 10 memiliki windows defender. Dengan fitur ini maka pengguna kompter tidak perlu menginstal anti virus lain.

  1. Memiliki dukungan tochscreen yang bagus

Salah satu upaya Windows 10 untuk memberikan yang terbaiak bagi penggunanya adalah dengan memberikan pelayanan tochscreen yang maksimal. Fitur ini sebenarnya sudah diterpakan pada versi windows 8 namun belum maksimal. Pada windows 10 ini fitur tochscreen sangat mendukung untuk digunakan baik pada laptop, tablet, atapn hybrid.

  1. Sangat mendukung untuk gaming

Windows 10 saat ini sudah dilengkapi dengan DirectX 12 dan setting game mode yang sangat mendukung dan nyaman digunakan gamming

Kekurangan windows 10

  1. Tampilan sering berubah

Windows 10 biasanya melakukan perubahan baik skala besar atau kecil dalam durasi waktu tertentu. User yang belum biasa seringkali mengalami kebingngan. Perubahan ini biasa terjadi pada tata letak opsi-opsi dan experience. Namn meskipun demikian untuk menghindari update ini pengguna bisa menonaktifkan menu update agar tidak melakukan pembaharuan secara otomatis.

  1. Banyak mengahabiskan paket data

Sering terjadinya pembaharuan pada windows 10 mau tidak mau pengguna harus menyiapkan paket data yang mencukupi untuk bisa menikmati fasilitas terbaru yang ditawarkan oleh windows 10. Berbeda dengan versi sebelumnya windows 10 ini menghabisakan kurang lebih 2.5GB – 4GB kuota. Kalkulasi ini belum termasuk update bulanan yang bisa menghabiskan ratusan atau sekedar puluhan MB.

  1. Tidak pernah final

Kekurangan windows 10 yang terakhir adalah tidak final. Pada versi sebelumnya windows hanya butuh untuk update dan service pack saja karena sudah versi final. Namun pada windows 10 berbeda karena windows 10 berposisisi sebagai sebuah layanan (windows-as-a-service) yang tidak akan final.

Perusahaan Microsoft sendiri telah menyatakan bahwa tidaka akan ada versi lagi setelah windows 10. Dengan demikian windows 10 kedepanya akan mengalami perubahan dan berevolusi tanpa mengenal kata final.