Menteri Perdagangan Teken Surat Perjanjian Kerjasama Ekonomi IK-CEPA

  • 2 min read
  • Jan 07, 2021
Menteri Perdagangan Teken Surat Perjanjian Kerjasama Ekonomi IK

Korea Selatan menjadi salah satu mitra Indonesia dalam membangun pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Hubungan baik dengan Korea selatan memberikan dampak positif tersendiri bagi Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu yang terbaru adalah ditandatanganinya kerjasama IK-CEPA atau singkatan dari Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement pada bulan Desember lalu.

Menurut Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, perjanjian kerjasama ini menjadi bukti kerja nyata dari kementerian perdagangan dalam rangka memajukan perekonomian di Indonesia. Perjanjian kerjasama ini menjadi salah satu tonggak penting dalam hubungan kedua negara yakni Indonesia dan Korea Selatan. Hal ini mengingat korea selatan merupakan salah satu Negara dengan kondisi ekonomi yang baik di antara Negara-negara di asia.

“Hari ini merupakan tonggak penting dalam hubungan ekonomi bilateral antara Indonesia dan Korea┬áselatan”, ujar Menteri Agus seperti yang dikutip di suratku.id.

Hubungan Bilateral Indonesia dan Korea Selatan memang tergolong bagus untuk saat ini. Berbagai kerjasama antara kedua pihak memberikan keuntungan satu sama lain dalam berbagai sisi. Dari segi Indonesia, banyak sekali manfaat atas berbagai kerjasama yang dilakukan dengan Korea Selatan. Berada pada benua yang sama, yakni Asia membuat Indonesia bisa banyak menjadikan Korea selatan contoh dalam pembangunan ekonomi. Hal ini mengingat kemajuan Korea selatan yang begitu pesat dalam bidang ekonomi meski sama – sama merdeka menjadi bangsa pada tahun 1945.

Dari segi Korea selatan, banyaknya populasi di Indonesia menjadi kelebihan tersendiri yang sulit didapatkan dari negara lainnya di benua Asia. Segmentasi pasar yang terdapat di Indonesia memberikan keuntungan bagi berbagai produsen dan perusahaan asal Korea selatan yang tentunya memberikan keuntungan secara tidak langsung bagi pemerintah Korea Selatan

Penandatanganan Contoh Surat Perjanjian Kerjasama antara Korea Selatan dan Indonesia ini menjadi harapan baru agak perkembangan ekonomi Indonesia terus semakin baik di masa mendatang. Berbagai hal-hal positif dari Korea Selatan tentu bisa menjadi contoh yang baik bagi bangsa Indonesia. Tidak hanya urusan Entertainment saja yang bisa diambil dari Korea Selatan, namun juga bidang lain seperti perdagangan, teknologi, hingga bidang prioritas lainnya. Terlebih jika kita melihat cukup banyak kemiripan bangsa kita selain urusan geografis.