Ini 5 Akibat Negatif Kalau Kekurangan Vitamin D, Ngaruh ke Kesehatan Mental Anda Loh!

  • Bataviase
  • Jan 15, 2024
Vitamin D
Table Of Content [ Close ]
  • 1. Sumber Vitamin D Terbaik
    • 1.1 1. Sinar Matahari
    • 1.2 2. Makanan Sumber Vitamin D
  • 2. Efek Negatif Apabila Kekurangan Vitamin D
    • 2.1 1. Penyakit Tulang dan Gigi
    • 2.2 2. Masalah Sistem Kekebalan Tubuh
    • 2.3 3. Masalah Kesehatan Jantung
    • 2.4 4. Masalah Kesehatan Mental
    • 2.5 5. Risiko Penyakit Autoimun
  • 3. Gejala Tanda Anda Kekurangan Vitamin D
    • 3.1 1. Rasa Lemah dan Kelelahan
    • 3.2 2. Nyeri Otot dan Tulang
    • 3.3 3. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh
    • 3.4 4. Masalah Kulit
    • 3.5 5. Masalah Kesehatan Mental

Vitamin D, yang sering disebut sebagai “vitamin matahari,” memainkan peran vital dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin D memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang sangat penting. Salah satunya adalah peran utamanya dalam penyerapan kalsium, yang esensial untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang.

Selain itu, vitamin D berkontribusi pada kesehatan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Bagi para ibu hamil pun, vitamin D menjadi asupan nutrisi yang krusial. Vitamin D dan kalsium mendukung pembentukan tulang dan gigi janin.

Vitamin D dapat diperoleh dengan mudah dari beberapa sumber, seperti suplemen Blackmores Vitamin D, yang bisa Anda beli di Blibli dengan harga 200 ribuan saja, loh!. Mengonsumsi suplemen vitamin D sangat efisien bila Anda yang ingin menambah  vitamin D pada tubuh Anda. Tentunya kurang atau tidaknya kadar vitamin D pada tubuh bisa Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Sumber Vitamin D Terbaik

Vitamin D dapat diperoleh melalui beberapa sumber, dan dua sumber utama adalah sinar matahari dan makanan tertentu, seperti:

1. Sinar Matahari

Paparan sinar matahari adalah cara alami yang paling efektif untuk mendapatkan vitamin D. Ketika kulit terkena sinar matahari ultraviolet B (UVB), zat prekursor vitamin D diubah menjadi bentuk aktifnya. Waktu yang disarankan untuk paparan sinar matahari yang aman adalah sekitar 10-30 menit beberapa kali seminggu, tergantung pada jenis kulit, lokasi geografis, dan faktor-faktor lainnya.

2. Makanan Sumber Vitamin D

Beberapa makanan mengandung vitamin D dalam jumlah yang bervariasi. Beberapa sumber makanan yang kaya vitamin D meliputi:

  • Ikan Berlemak: Salmon, mackerel, sarden, dan tuna mengandung jumlah vitamin D yang tinggi
  • Telur: Terutama kuning telur, yang merupakan sumber vitamin D yang baik.
  • Produk Susu: Susu, yoghurt, dan keju yang diperkaya vitamin D.
  • Makanan yang Diperkaya: Beberapa sereal, minyak ikan, dan jus jeruk diperkaya dengan vitamin D

Efek Negatif Apabila Kekurangan Vitamin D

1. Penyakit Tulang dan Gigi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan masalah pada tulang dan gigi. Pada anak-anak, kekurangan ini dapat menyebabkan rakhitis, suatu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan melengkung. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan osteomalasia.

2. Masalah Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin D berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan sistem kekebalan menjadi kurang efektif, meningkatkan risiko infeksi dan penyakit.

3. Masalah Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat terkait dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Vitamin D membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Masalah Kesehatan Mental

Sebuah penelitian meta analisis pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam “The British Journal of Psychiatry” menemukan bahwa partisipan yang mengalami depresi juga memiliki kekurangan vitamin D. Hasil analisis yang sama menunjukkan bahwa secara statistik, seseorang yang kekurangan vitamin D memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami depresi.

Para peneliti meyakini bahwa karena vitamin D memiliki peran penting dalam fungsi otak, rendahnya kadar nutrisi ini dapat meningkatkan risiko terhadap depresi dan gangguan mental lainnya. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2005 dan diterbitkan di “Journal of Chemical Neuroanatomy” mengidentifikasi bahwa reseptor di beberapa area otak berkaitan dengan kondisi depresi.

5. Risiko Penyakit Autoimun

Kekurangan vitamin D juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit autoimun, seperti lupus, rheumatoid arthritis, dan multiple sclerosis.

Gejala Tanda Anda Kekurangan Vitamin D

1. Rasa Lemah dan Kelelahan

Orang yang kekurangan vitamin D sering mengalami kelelahan dan rasa lemah secara umum. Ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup vitamin D untuk menjalankan fungsi-fungsinya.

2. Nyeri Otot dan Tulang

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri otot dan tulang. Ini karena vitamin D membantu tubuh dalam penyerapan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan otot.

3. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Orang dengan kekurangan vitamin D mungkin lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit karena peran vitamin D dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Masalah Kulit

Kulit yang terasa gatal atau mengalami masalah seperti psoriasis dapat menjadi tanda kekurangan vitamin D.

5. Masalah Kesehatan Mental

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan. Jika seseorang mengalami perubahan suasana hati atau masalah mental, kekurangan vitamin D bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi vitamin D sesuai kebutuhan seharian Anda, jangan sampai berlebihan. Agar lebih pasti bisa dikonsultasikan dengan dokter yang berpengalaman dan jangan lupa juga untuk melengkapi nutrisi lainnya ya!

Related Post :