Saat ini, media sosial menjadi salah satu platform untuk memasarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis lainnya. Sayangnya, untuk membangun pengikut dan melakukan penjualan via online membutuhkan strategi agar terus berkembang dan mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.
Dari sekian banyak pilihan media sosial yang tersedia, pasti ada satu dua media sosial yang mampu menghasilkan lebih banyak penjualan. Inilah yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui jejaring sosial yang cocok dengan produk maupun bisnis yang sedang dijalankan, maka Anda bisa lebih memfokuskan diri melakukan promosi dan penjualan di social media competitor analysis tools terbaik tersebut.
Dalam mengestimasi media sosial, memang membutuhkan trik khusus. Selain konsistensi, Anda perlu pula mengukur kinerja pertumbuhan akun media sosial yang Anda miliki. Social media analytics adalah proses melacak, mengumpulkan dan menganalisa data dari berbagai platform media sosial. Dengan tools yang tepat, Anda dapat menganalisa performa media sosial secara lengkap dan memahami strategi mana yang tepat sesuai budget, waktu dan tujuan. Apa fungsi penting dari social media analytics tools?
Menentukan Segmentasi
Untuk menjual sebuah barang kepada konsumen, kita harus terlebih dahulu harus berbicara dengan bahasa mereka. Misalnya saja, Anda akan membuka cabang restoran di Madura, tentu tidak relevan jika Anda memberi kata sambutan dengan menyelipkan bahasa Batak.
Hal yang sama dengan media sosial. Sangat penting untuk mempelajari kosakata, serta gaya bahasa yang dipakai oleh target konsumen Anda sehari-hari. Teknik ini merupakan pendekatan secara emosional yang mengaitkan lifestyle, usia, maupun wilayah konsumen dengan produk yang Anda tawarkan. Social media analytics tools dapat menentukan profil konsumen ideal, yang cocok dengan produk Anda.
Meningkatkan Brand Awareness
Social media analytics tools mampu meningkatkan brand awareness secara masif. Sebagai brand, Anda dapat memilih perwakilan brand yang merepresentasikan produk Anda secara relevan. Konsep awareness sendiri dapat dianalogikan seperti perjalanan seseorang yang tidak pernah mendengar produk Anda, kemudian mulai mempelajari produk Anda hingga membeli dan akhirnya menjadi pelanggan setia.
Selalu Mengikuti Perkembangan di Iindustri Anda
Tanpa adanya social media analytics tools, akan sulit untuk berada di garis depan dalam menanggapi tren industri yang terus berubah. Tools ini dapat mengidentifikasi competitor Anda dan membandingkan social mentions Anda dengan competitor.
Menemukan Pembeli Potensial
Masih ingatkah Anda dengan teknik penjualan door to door? Sistem ini tentunya sudah tidak lagi efektif karena Anda tidak tahu pemilik rumah mana yang akan menerima Anda masuk dan membeli barang Anda. Tetapi dengan social media analytics tools, Anda dapat diarahkan ke calon pembeli yang berpotensi besar untuk tertarik pada produk Anda.
Manajemen Krisis yang Baik
Karena media sosial yang sifatnya transparan, akan sangat mudah untuk melihat reputasi brand dengan mengamati komentar-komentar para konsumen Anda secara online. Pelanggan yang frustrasi pada produk Anda tidak akan segan untuk berbicara buruk mengenai brand Anda secara publik. Social media analytics tools dapat membantu manajemen krisis dengan baik lewat monitoring tools yang selalu memberikan notifikasi tentang tema tertentu sehingga Anda dapat dengan cepat mencari solusinya.