Cara Menjadi Agen Pulsa Token Beserta Segala Persiapannya

  • 3 min read
  • Jun 03, 2021
Cara Menjadi Agen Pulsa Token Beserta Segala Persiapannya

Sudah semenjak beberapa tahun yang lalu, pulsa token memang menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat yang menggunakan listrik prabayar. Maka dari itu, agen pulsa token pun mulai merebak, terlebih lagi karena bisnis ini mendatangkan keuntungan lebih. Namun, bagaimana sih cara menjadi agen pulsa token?

Listrik prabayar sendiri merupakan sistem yang mulai diterapkan oleh PLN. Maka dari itu, orang yang menggunakan pulsa token akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya pembangunan perumahan. Nah, mari simak cara menjadi agen token listrik resmi berikut ini.

Persiapan Sebelum Menjadi Agen Pulsa Token

Meskipun sebenarnya menjadi agen pulsa token adalah suatu bisnis yang mudah, tak ada salahnya jika Anda lebih memahami cara menjadi agen pulsa token. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum memulai usaha ini.

  • Siapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan

Perlengkapan baik sarana maupun prasarana yang memadai sebaiknya Anda persiapkan sebelum menjadi seorang agen pulsa token terpercaya. Misalnya, jika Anda ingin membuka gerai, minimal sediakan etalase untuk menjual produk lain seperti kartu perdana, voucher internet, dan aksesoris lainnya.

Anda juga bisa hanya menyiapkan komputer dan printer. Printer bisa Anda gunakan sebagai alat pencetak struk pembayaran yang sah. Namun, sarana dan prasarana yang Anda siapkan ini tentu harus disesuaikan dengan budget Anda. Yang terpenting, jangan lupa untuk menyiapkan handphone sebagai sarana untuk bertransaksi.

  • Pilih supplier terpercaya

Tak hanya pulsa elektrik, suplayer pulsa token ini jumlahnya juga sangat banyak. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih supplier yang jelas dan paling terpercaya. Supplier yang jelas dan terpercaya biasanya merupakan supplier yang memiliki produk lengkap dan fasilitas lengkap pula. Rekomendasi server pulsa untuk anda bisa dicari di Metro Reload.

Selain itu, harga yang dipatok oleh suplayer ini juga memiliki harga yang kompetitif dengan semua nominal yang selalu tersedia. Server yang digunakan oleh suplayer ini pun harus stabil dengan transaksinya yang cepat pula.

Cara Menjadi Agen Pulsa Token

Jika beberapa persiapan di atas sudah Anda laksanakan, selanjutnya adalah mulai jalankan bisnis Anda. Nah, berikut adalah beberapa cara menjadi seorang agen pulsa token listrik mulai dari nol.

1. Mendaftar jadi agen          

Pertama, daftarkan diri Anda menjadi agen. Umumnya, setiap suplayer memiliki caranya masing-masing dalam merekrut agen resmi PLN. Untuk itu, persiapkan diri Anda dengan memenuhi segala persyaratan dan peraturan yang ditetapkan.

2. Melakukan pengisian saldo

Setelah mendaftar menjadi agen, cara buka usaha token listrik berikutnya yakni mengisi saldo. Pengisian saldo dilakukan dengan cara mentransfer dana sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh supplier. Nah, uang yang kamu transfer itu tetap akan jadi milik Anda dan menjadi saldo yang akan Anda gunakan untuk bertransaksi.

Ketika Anda hanya menjual token listrik di sekitar perumahan kelas menengah ke bawah, Anda tak perlu mengisi saldo terlalu banyak. Sebaiknya, minimal saldo yang diisi adalah IDR 500.000. Jika untuk kelas menengah ke atas, saldo minimal yang sebaiknya Anda isikan adalah IDR 1.000.000.

3. Mulai jualan

Setelah proses pengisian saldo berhasil, Anda sudah menjadi agen pulsa token dan sudah mulai bisa jualan. Anda dapat jualan secara online dengan sosial media sebagai media Anda untuk promosi. Anda juga bisa menggunakan printer untuk mencetak struk sebagai bukti pembelian listrik yang sah.

Peluang dan Keuntungan Bisnis Pulsa Token

Apakah Anda tahu? Meski recehan, usaha token pulsa listrik cukup menjanjikan, lho. Nah, seperti yang kita ketahui, kebutuhan pulsa token di masa mendatang diproyeksikan akan meningkat pesat. Pasalnya, listrik tidak lagi menjadi suatu kebutuhan yang berupa pilihan.

Di sekitar Anda, sepertinya hampir seluruh aktivitas memerlukan listrik. Lampu, gadget, setrika, wifi, semuanya memerlukan aliran listrik. Tentu bisa Anda bayangkan jika bisnis token listrik kecil kemungkinan untuk sepi pembeli.

Bagaimana dengan keuntungannya? Keuntungan dari bisnis yang satu ini dapat diperoleh dari biaya admin dengan kisaran biaya antara IDR 2.000 hingga IDR 3.500 untuk satu kali transaksi. Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang diperoleh dari biaya admin pembeli dengan besar sekitar IDR 50 sampai IDR 100.

Untuk itu, cara menjadi agen token listrik resmi memang sebuah ilmu mendasar yang harus Anda tahu. Meskipun keuntungannya tak seberapa di setiap transaksinya, tapi bayangkan jika per hari Anda dapat mengumpulkan lebih dari 15 transaksi. Setelah itu, kalikan keuntungan tersebut untuk satu bulan. Lumayan, bukan?

Jadi, kesimpulannya, ketika Anda ingin menjadi agen token, sebaiknya Anda mengetahui berbagai hal dalam persiapan demi mendukung bisnis yang akan Anda jalani. Anda juga sebaiknya mengetahui apa saja keuntungan yang dapat Anda peroleh dari usaha tersebut. Apakah prospek usaha tersebut juga menjanjikan atau tidak.

Demikian sedikit informasi mengenai cara menjadi agen pulsa token yang sebaiknya Anda lakukan ketika Anda akan berkecimpung dalam dunia bisnis token. Apakah Anda belajar hal baru hari ini? Jika iya, jangan lupa untuk membagikan informasi tersebut kepada teman-teman Anda. Sekian dan selamat beraktivitas kembali.