Cara Mengatasi Peluncur Sistem Telah Berhenti di Xiaomi

  • 3 min read
  • Jan 22, 2021
Xiaomi

Bagi Anda pengguna smartphone Xiaomi pasti tidak asing dengan namanya peluncur sistem atau lebih dikenal dengan nama launcher. Launcher ini biasanya berhubungan dengan tema perangkat di Xiaomi. Ada banyak launcher yang tersedia gratis yang bisa digunakan pada perangkat smartphone namun dari itu semua, launcher ini sangat berpengaruh sekali terhadap kegiatan multitasking yang dilakukan di atas layar mulai dari tampilan, kecerahan user interface dan lain sebagainya.

Didalam penggunaannya pasti sering terjadinya pesan error dari launcher seperti “sayangnya, launcher telah berhenti”, “sayangnya, peluncur sistem telah berhenti” dan pesan-pesan error lainnya yang muncul pada perangkat smartphone Xiaomi.

Untuk mengatasi pesan error dari peluncur sistem telah berhenti, maka Anda bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Restart Smartphone

Untuk langkah pertama adalah melakukan restart smartphone atau matikan dan hidupkan kembali smartphone Anda. Melakukan restart ini kemungkinnan dapat menormal kembali sistem perangkat pada Xiaomi. Jika masih tidak ada perubahan bisa melanjukan ke langkah nomor dua.

  1. Bersihkan File Cache

Metode kedua yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan file cache pada sistem yang ada di smartphone. Membersihkan cache pada peluncur sistem tujuannya untuk memaksimalkan kembali penggunaan smartphone Xiaomi dari sebelumnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi keamanan untuk membersihkan cache agar lebih maksimal. Setelah membersihkan cache maka tinggal melakukan restart smartphone agar lebih maksimal hasilnya.

Untuk caranya yaitu masuk ke menu Setelan > Aplikasi Terinstall > Pilih atau tap “Peluncur Sistem” > tap “Hapus Data” > dan pilih “Bersihkan Cache”

  1. Hapus Data Aplikasi

Metode berikutnya yang bisa dilakukan adalah hapus data peluncur sistem atau data aplikasi. Tujuannya untuk mengembalikan setelah ke posisi default atau awal. Nantinya penghapusan data aplikasi ini akan menghapus seperti basis data, data login, cache, history dan lain sebagainya.

Dengan cara ini akan mengembalikan bentuk tampilan layar seperti kembali baru tentunya. Caranya yaitu masuk ke menu Setelan > Aplikasi Terinstall > tap atau pilih “Peluncur Sistem” > tap atau pilih “Hapus Data” > dan pilih “Hapus Semua Data”.

  1. Update MIUI

Selanjutnya Anda bisa melakukan update MIUI Xiaomi, setelah melakukan update maka secara otomatis setiap bugs atau error kesalahan bisa diperbaiki termasuk launcher yang bermasalah tersebut.

Biasanya adanya pesan error atau kesalahan dari launcer atau peluncur sistem ini diakibatkan adanya bugs yang masih belum diperbaiki dan membutuhkan update MIUI. Caranya yaitu bisa dengan masuk ke menu Setelan > Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem > dan pilih atau tap “Perbarui > dan ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

  1. Menghapus Peluncur Lain

Jika kamu sebelumnya pernah melakukan pemasangan atau install peluncur lain yang mengakibatkan bentrok dengan peluncur utama, sehingga menjadi bermasalah seperti terjadinya pesan error, maka sebaiknya dihapus terlebih dahulu. Ada kemungkinan peluncur tersebut tidak optimal jika dipasangkan pada perangkat Xiaomi Anda.

  1. Unroot Smartphone

Dari sebagian pengguna smartphone Xiaomi yang telah melakukan root maka biasanya hasilnya akan membuat sebagian aplikasi menjadi error. Ini artinya proses root tidak berhasil sehingga kinerja multitasking tidak optimal. Biasanya ini menjadi penyebab peluncur sistem terjadi masalah.

Memang proses root ini bertujuan untuk mengoptimalkan sistem kerja pada smartphone menjadi lebih baik, namun jika tidak berjalan lancar maka lebih baik dilakukan proses unroot terlebih dahulu tentunya.

  1. Factory Reset

Langkah berikutnya adalah melakukan proses factory reset. Factory reset ini bertujuan untuk mengembalikan smartphone seperti pengaturan pabrik atau awal. Namun, sebelumnya pastikan dahulu kamu sudah melakukan backup data yang tersimpan di internal storage smarphone Xiaomi kamu.

  1. Flashing

Langkah terakhir adalah dengan melakukan flashing. Untuk bisa melakukan flashing dibutuhkan Mi Flash Tool dan langkah-langkahnya bisa dilihat ditutorial Youtube agar lebih memudahkan Anda dalam melakukan flashing perangkat android Xiaomi tersebut.

Selain masalah peluncur sistem telah berhenti di Xiaomi, kamu juga bisa membaca cara mengganti font di semua hp Xiaomi agar tampilan perangkat smartphone kamu lebih bervariasi dan tidak monoton tentunya. Itulah tadi informasi tentang cara mengatasi peluncu sistem telah berhenti di Xiaomi. Mudahan-mudahan informasi dapat memberikan manfaat dan pengetahuan ya.