Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

  • 3 min read
  • Dec 24, 2020
Bot Telegram

Bagi seorang admin grup telegram tentunya kalian akan sangat sibuk untuk mengurusi grup tersebut. belum lagi jika kalian harus membagikan banyak konten ke telegram, tentu itu sangat merepotkan jika hanya dikerjakan secara manual.

Melakukan pekerjaan seefisien mungkin adalah tujuan dari setiap orang, termasuk sebagai admin grup telegram. Untuk mempermudah pekerjaan kalian sebagai admin, maka kalian membutuhkan yang namanya bot telegram.

## Apa Itu Bot Telegram?

Bot telegram adalah sebuah aplikasi tambahan yang berjalan di dalam aplikasi telegram. Bot ini dasarnya sama seperti pengguna biasa, hanya saja bot tidak memiliki nomor telepon karena dia merupakan suatu sistem otomatis yang diciptakan untuk telegram.

Bot hanya akan bekerja sesuai dengan perintah yang dituliskan pada sistem bot itu sendiri. Maka setiap kali perintah itu terbaca, maka bot secara otomatis akan bekerja. Bot juga mampu membalas pesan dari user sesuai dengan format tertentu.

## Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Sebagian orang mungkin akan kesulitan dalam membuat bot telegram, telebih lagi jika tidak memiliki dasar sebagai programer. Jadi banyak yang mencari tahu tentang cara membuat robot telegram tanpa coding.

Buat kalian yang  ingin belajar membuat bot tanpa coding, di sini kami akan membagikan tutorialnya untuk kalian semua. Menurut versi junesia.com kita bisa membuat bot telegram tanpa coding, yaitu dengan menggunakan Manybot.

### Membuat Bot Telegram Menggunakan Manybot

Apa itu Manybot? Jadi, manybot adalah sebuah platform yang memiliki fitur yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah bot telegram.

Dengan menggunakan manybot kalian dapat mengatur jadwal dalam melakukan pengiriman pesan ke pelanggan atau member grup. Bot mampu mengirimkan pesan dengan jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan.

Dengan adanya manybot ini kalian tidak perlu melakukan coding untuk membuat sebuah bot di telegram. Berikut ini adalah cara membuat bot telegram dengan manybot:

Langkah Membuat Bot:

  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Telegram.
  2. Selanjutnya pada kolom pencarian / search, silahkan kalian ketik Manybot.
  3. Setelah itu akan muncul list, kalian cari dan pilih manybot yang memiliki logo “M” dengan warna jingga (oranye).
  4. Klik platform tersebut maka akan muncul sebuah dialog. Kalian langsung saja klik Start untuk mulai membuat sebuah bot.
  5. Selanjutnya pilih tulisan Ad Bot pada pesan awal yang muncul, atau bisa juga dengan cara memilih / tap pada menu Create a New Bot.
  6. Kemudian kalian akan ditunjukkan tutorial secara detail tentang cara membuat bot telegram di manybot. Silahkan kalian ikuti langkah langkahnya.
  7. Langkah awal kalian akan diminta untuk menggunakan BotFather. Kalian bisa langsung klik ke tulisan BotFather yang berwarna biru maka kalian langsung diarahkan secara otomatis.
  8. Selanjutnya akan muncul dialog arahan dari BotFather.
  9. Silahkan kalian klik Start untuk membuat bot.
  10. Selanjutnya klik Newbot untuk membuat bot yang baru.
  11. Berikan nama pada bot yang kalian buat, caranya tinggal mengetikan nama bot kalian pada kolom pesan, kemudian Kirim.
  12. Selanjutnya membuat username dengan memiliki kata akhir “bot”, semisal “bataviabot”, lalu Kirim.
  13. Setelah membuat nama dan juga username, maka bot kalian telah berhasil dibuat. Kalian akan menerima deskripsi singkat dari bot telegram yang telah kalian buat tersebut.
  14. Pada deskripsi tersebut yang harus diperhatikan adalah Token yang akan digunakan untuk mengakses HTTP API. Silahkan kalian catat token tersebut.

Melakukan Verifikasi Token Bot

  1. Kalian salin API token bot yang kalian terima sebelumnya.
  2. Masuk ke Manybot kemudian pilih tulisan I’ve copied the API token.
  3. Tunggu sampai menerima balasan “good, send the API token in the message”.
  4. Silahkan kalian paste API token ke kolom, kemudian Kirim.
  5. Selanjutnya tunggu sampai ada balasan “Token for (@username) accepted!”.
  6. Dan juga ada perintah untuk mengirimkan beberapa kata seperti “helo telegram”.
  7. Setelah itu manybot akan mengirimkan pesan yang berisikan link bot telegram milik kalian.
  8. Klik link tersebut untuk masuk ke bot telegram,
  9. Terakhir, klik Start maka bot akan mengirimkan dialog pesan.
  10. Selesai.

Demikian tutorial cara membuat bot telegram yang dapat kami bagikan. Jangan lupa baca juga cara menggunakan telegram di PC supaya lebih memudahkan kalian dalam menggunakan bot telegram. Terima kasih.